Minggu, 13 Mei 2018 - 19:50:09 WIB
TUHAN MELAKUKAN MUJIZAT MELALUI DOA PUASA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ibadah Raya - Dibaca: 15 kali

TUHAN MELAKUKAN MUJIZAT MELALUI DOA PUASA

Apakah anda percaya bahwa mujizat masih terjadi sampai hari ini? AKarena ada beberapa teolog yang tidak mempercayai bahwa mujizat masih terjadi lagi. Apakah Anda pernah mengalami mujizat dari Tuhan? Apakah Anda rindu mengalami mujizat itu? Mari kita pelajari penjelasan berikut ini, sehingga kita bisa mengalami mujizat dari Tuhan.

NEHEMIA BERPUASA (Nehemia 1-2)

Pada waktu orang-orang Yehuda dibuangan di Babel, Nehemia adalah salah seorang yang mengalami pembuangan tersebut. Namun, Nehemia diangkat menjadi pejabat kerajaan di Babel bertugas sebagai Juruminum raja Artahsasta (Neh 2:1). Suatu hari, Hanani dan beberapa orang Yehuda yang dari Yerusalem datang kepada Nehemia di Babel menceritakan kondisi kota Yerusalem yang hancur, Bait suci serta Pekuburan nenek moyang Israel telah menjadi reruntuhan (Neh 1:2-3). Ketika Nehemia mendengar laporan tersebut, maka timbullah belas kasihan di dalam hatinya untuk membangun kembali tembok kota Yerusalem dan bait suci yang telah menjadi reruntuhan (Neh 1:4).

Untuk mewujudkan kerinduan Nehemia, membutuhkan dukungan raja, karena banyak kesulitan yang akan dihadapi oleh Nehemia, misalnya ijin untuk membangun, dana, bahan-bahan yang dibutuhkan, keamanan dari negara-negara tetangga. Karena pada saat itu para Bupati negara-negara tetangga menjadi ancaman bagi orang-orang Yehuda. Untuk menghadap raja dan mengutarakan kerinduannya, merupakan pergumulan tesendiri
juga. Maka sebelum menghadap raja, Nehemia BERDOA DAN BERPUASA (Neh 1:4-11). Ketika menghadap raja, maka raja dan permaisuri memberi dukungan kepada Nehemia.

Berkat dari Doa Puasa Nehemia:

1. Raja menghibur Nehemia 

Nehemia 2:2” bertanyalah ia kepadaku: "Mengapa mukamu muram, walaupun engkau tidak sakit? Engkau tentu sedih hati." Lalu aku menjadi sangat takut”.

2. Raja dan Permaisuri mengutus Nehemia ke Yerusalem
Nehemia 2:6, “Lalu bertanyalah raja kepadaku, sedang permaisuri duduk di sampingnya: "Berapa lama engkau dalam perjalanan, dan bilakah engkau kembali?" Dan raja berkenan mengutus aku, sesudah aku menyebut suatu jangka waktu kepadanya.”

3.Raja memberi surat jalan dan surat perintah kepada para Bupati yang selama ini menjadi lawan Yehuda. Surat itu menugaskan Para Bupati di Samaria untuk mengijinkan Nehemia masuk kota Yerusalem dan memberikan apa saja yang diperlukan oleh Nehemia (Neh 2:7)

4. Raja memberi surat kepada Asaf untuk mendukung Nehemia dengan sejumlah kayu bagi keperluan pembangunan tembok kota Yerusalem dan
tembok Bait Allah serta untuk rumah Nehemia (Neh 2:7).

5. Raja menyuruh panglima-panglima perang dan orang-orang berkuda mengawal Nehemia (Neh 2:9).

6. Walaupun Nehemia bersama penduduk Yehuda bersusahpayah membangun tembok Yerusalem, namun karena pertolongan Tuhan, maka dapat selesai dalam waktu singkat.

Tuhan melakukan mujizat menjawab pergumulan besar Nehemia melalui doa dan puasa. Ternyata doa puasa menggerakkan tangan Tuhan untuk
melakukan mujizat-Nya bagi seseorang yang sedang berdoa dan berpuasa. Ada jenis persoalan yang hanya bisa dikalahkan melalui doa dan puasa. Matius 17:21 berkata: “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa”

BAGAIMANA KITA MELAKUKAN DOA DAN PUASA SUPAYA KITA
DAPAT MELIHAT MUJIZAT DARI TUHAN ?
Yesaya 58:3-12

. Yesaya 58:3, "Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.”

· Yesaya 58:4, “Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan
caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.”

· Yesaya 58:5, “Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala
seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan
hari yang berkenan pada TUHAN?”

· Yesaya 58:6, “Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk,
supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,” Yesaya 58:7, “supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!”

· Yesaya 58:8, “Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu
dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu.” 

· Yesaya 58:9, “Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata:
Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah,”

· Yesaya 58:10, “apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka
terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari.”

· Yesaya 58:11, “TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.”

· Yesaya 58:12, “Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabadabad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni".

GPI Petra menyelenggarakan Doa Puasa Raya 40 hari sejak Senin 30 April – jumat 8 Juni 2018. Kiranya seluruh jemaat dapat ambil bagian dalam puasa raya ini, sehingga Tuhan melakukan mujizat bagi seluruh jemaat melalui doa dan puasa.

By : Pdt.Pieter.A.Napitupulu




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)