Kamis, 08 Februari 2018 - 07:45:07 WIB
SUNGAI YABOK
Diposting oleh : Administrator
Kategori: GLOW Inspiration - Dibaca: 399 kali

SUNGAI YABOK:
Sebuah Titik Balik Untuk Mengalami Janji-Janji Tuhan (Kejadian 32:22-32)

2 kali Yakub mendapatkan janji Tuhan, dimana Tuhan akan memberkati dia berlimpah.

Yang pertama melalui ayahnya Ishak. Di usia tuanya Ishak melepaskan berkat kepada Yakub anaknya, Kejadian 27:27-29 "Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN. Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah. Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan sukusuku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia.".

Yang kedua, dalam sebuah mimpi, dimana Tuhan langsung memberkati Yakub, Kejadian 28:13-15, “Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman: "Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu. Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat. Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke manapun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu." 

Tetapi sampai 20 tahun lebih Yakub tidak pernah mengalami janji Tuhan ini. Apalagi setelah di rumah Laban, pamannya, dia justru dirugikan karena sering ditipu. Apakah Tuhan lalai atas janji-Nya? Atau karena belum waktunya Tuhan? Atau ada kesalahan dalam diri Yakub?

Suatu ketika Yakub bersama isteri-isteri dan anak-anaknya pulang dari kampung halaman mertuanya menuju kampung halamannya sendiri.

Mereka tiba si sebuah sungai yang bernama sungai Yabok, Mmereka bermalam di situ, tetapi semalam-malaman, Yakub merenung di tepi sungai itu. Yabok berarti dikosongkan, dia akan mengosongkan atau bergulat. Apa yang terjadi di sungai Yabok? 

1. Yakub menyendiri (Evaluasi diri)
2. Pengakuan kepada Allah akan kekurangan dan kelemahan kita
3. Yakub bergumul (bergulat) dengan Allah semalaman, dan hasilnya dia menang melawan Allah dan manusia (Enos = adalah pria yang tidak  dewasa, kekanak-kanakan, dikuasai hawa nafsu)
4. Tuhan mengubah nama Yakub menjadi Israel. Nama adalah karakter
5. Tuhan memberkati Yakub

Sebenarnya Tuhan sangat rindu memberkati kita, tetapi ada Spenghalangnya yaitu; Ego, atau jiwa kita (pikiran, perasaan dan kehendak) kita yang belum berkenan kepada Allah dan kedagingan kita. 

Mari kita matikan ego kita, biarlah pikiran, perasaan dan kehendak kita selaras dengan Firman Tuhan. Kita tidak lagi hidup berdasarkan ego kita, melainkan berdasarkan kebenaran dan Firman Kristus yang tertanam dalam hati kita.

Setelah dari sungai Yabok, Yakub berhasil membereskan masalah yang Ssangat menghantui pikirannya selama ini yaitu dengan kakaknya Esau. Setelah dari sungai Yabok, setelah masalahnya diselesaikan dengan kakaknya Esau, sejak saat itu Yakub mengalami perubahan yang drastis.

By : Pdm.Rapi Gultom, S.Th




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)